Gejala Demam Berdarah

Rumah Sakit Carolus: Inilah Gejala Demam Berdarah yang Harus Diketahui

Demam berdarah disebabkan oleh nyamuk aides aegypti dan saat penderita digigit akan membuat penyakit demam berdarah terjadi. Penyakit ini dapat menular langsung dalam darah penderita dan membentuk jangkitan virus di dalam darah karena terkena gigitan. Sebagai penderita perlu juga memperhatikan gejala demam berdarah yang terjadi dan juga mengenal beberapa makanan sehat untuk penderitanya, jika mengalami beberapa gejala dibawah ini dapat mengunjungi rumah sakit carolus.

Berikut adalah beberapa gejala demam berdarah diantaranya:

  • Demam tinggi, fase pertama terjadi selama tiga hari setelah masa inkubasi dan pasien akan mengalami demam hingga 40 derajat celcius, fase kedua demam akan mengalami penurunan dan merupakan fase kritis dan riskan karena menjadi faktor keterlambatan penanganan terhadap pasien, dan fase ketiga tubuh akan mengalami demam tinggi dan merupakan fase penyembuhan.
  • Sakit kepala, disebabkan oleh infeksi virus dan sistem imun maupun kekebalan tubuh secara otomatis memproduksi interferon dan zat kimia dapat memicu adanya rasa sakit pada kepala.
  • Mual, virus dengue akan menginfeksi tubuh dan mengeluarkan lebih banyak asam lambung terhadap menurunnya kekebalan tubuh dan membuat pasien ingin muntah.
  • Sakit perut, mengalami rasa sakit pada perut yang menyebabkan luka oleh karena infeksi ulu hati dan biasanya terjadi sebelum mengalami pendarahan.
  • Muntah, disebabkan tingginya kadar asam lambung karena infeksi virus dengue untuk perlindungan kekebalan tubuh.

Selain itu juga, adanya nyeri otot karena kadar protein yang dikeluarkan oleh tubuh terlalu tinggi. Terjadi ruam merah atau bercak ketika tubuh berada pada fase pertama demam tinggi dan biasanya muncul pada area dada, leher hingga wajah dan tubuh lainnya. Dapat juga menyebabkan pendarahan pada gusi dan pembuluh darah akan mudah pecah karena rendahnya permeabilitas dinding pembuluh darah. Gejala diare juga terjadi dari 6% pasien penderitanya karena virus dengue menyebabkan masalah pencernaan.

Berikut adalah makanan dan minuman untuk membantu mencegah demam berdarah diantaranya:

  • Konsumsi buah jeruk, jeruk memiliki vitamin C untuk membantu penambahan antibodi dalam tubuh dan kondisi ini akan memperlancar penyembuhan dan kesehatan pencernaan pengidap demam berdarah.
  • Mengonsumsi daun pepaya, untuk memerangi virus demam berdarah dan secara alami menyembuhkan penyakit ini.
  • Minuman teh herbal, untuk menurunkan demam dan diperkaya dengan kalupaga dan jahe.
  • Minum air kelapa, untuk mengisi ulang elektrolit dan mineral yang hilang saat tubuh merasakan dehidrasi.
  • Konsumsi jus sayuran, dengan campuran jenis sayuran hijau, wortel dan timun dan bersumber dari sayuran organik memiliki banyak kandungan nutrisi yang berkhasiat untuk mempercepat proses pemulihan penderita demam berdarah.
  • Konsumsi jus buah, mengandung vitamin C yang melimpah untuk menawarkan sistem imum seperti buah blewah, jambu biji, kiwi, stroberi, pepaya dan jeruk dan jus lemon untuk membuang racun dalam tubuh.

Dapat juga mengonsumsi susu yang mengandung nutrisi penting yaitu mineral kompleks, protein dan vitamin. Nutrisi ini akan mencegah virus pemicu demam berdarah. Beberapa makanan dan minuman ini dapat mencegah penyakit demam berdarah. Dapat juga mengonsumsi bubur sebagai bahan makanan untuk membantu penderita memiliki energi bagi tubuh dan lebih mudah untuk dicerna dan lebih berkhasiat.

Penularan penyakit ini dimulai dengan banyaknya genangan air di sekeliling rumah yang menjadi habitat bagi nyamuk penyebab demam berdarah. Rumah sakit Carolus merupakan rumah sakit yang memberikan perawatan untuk penyakit demam berdarah dengan mengunjungi penyakit umum. Perawatan inap memberikan pelayanan untuk diagnosa, pengobatan maupun observasi dan keperawatan untuk kesembuhan pasien.