Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok

Kondisi tidak normal pada rambut adalah ketika seseorang mengalami kerontokan rambut hingga 100 helai per harinya, perlu adanya pengetahuan mengenai penyebab rambut rontok disamping cara mencegah agar tidak rambut Anda tidak mengalami keadaan dimana rambut mengalami kerontokkan.

Banyak hal menyebabkan rambut rontok, jika rambut yang rontok adalah sebanyak 50 helai per hari dapat dianggap wajar dan seharusnya tidak akan menimbulkan masalah seperti mengakibatkan kepala menjadi cepat botak, namun jika rontok berlebihan maka perlu adanya tindakan untuk mengatasi.

Mengatasi Penyebab Rambut Rontok

Ciri rambut rontok berlebihan adalah mengalami kerontokan rambut mencapai 100 helai per harinya, hal ini dikatakan secara medis sebagai telogen effluvium, kerontokkan ini biasanya terjadi secara menyeluruh pada bagian kepala sehingga tak mungkin dapat menyebabkan kebotakan pada satu area di kepala saja.

Akibatnya, rambut yang dimiliki oleh seseorang akan tampak tipis secara keseluruhan. Kondisi ini bisa terjadi bila tubuh mengalami kelelahan hingga menyebabkan terjadinya stres atau keadaan tertekan baik secara fisik maupun secara emosional, meski selebihnya masih banyak penyebab yang menjadikan rambut mengalami kerontokkan.

Rambut rontok berlebihan atau telogen efflivium dapat dialami oleh pria maupun wanita dari segala kategori umur, meski demikian wanita lebih sering mengalami hal ini terutama jika tengah mengalami perubahan hormonal. Kerontokkan berlebihan ini biasanya mulai terjadi dalam kurun waktu 6 minggu hingga 3 bulan.

Pada beberapa kasus mengatasi penyebab rambut rontok berlebihan tidak membutuhkan pengobatan khusus, rambut bisa tumbuh dan tebal kembali dalam beberapa minggu hingga bulan ke depan, apabila akar masalah dari kerontokan rambut sudah diatasi dengan baik.

Tidak perlu muluk-muluk dalam melakukan pencegahan rambut rontok yang biasanya menghabiskan banyak biaya. Mengatasi rambut rontok dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan bahan sederhana dan cenderung murah.

Salah satu cara pencegahan adalah membatasi penataan rambut menggunakan alat pemanas dan bahan kimia seperti mencatok, mengeriting hingga mewarnai rambut. Selain itu mengepang dan menyisir dalam keadaan basah juga perlu untuk dihindari, Anda bisa menggunakan shampo bayi yang cenderung lembut untuk mencuci rambut Anda.