Merawat Injeksi Mobil Harus Dilakukan dengan Benar dan Berkala

Merawat Injeksi Mobil Harus Dilakukan dengan Benar dan Berkala

Perawatan secara rutin dan benar perlu Anda lakukan untuk membuat performa mobil selalu baik. Jika tidak, masalah bisa saja muncul ketika Anda berkendara. Jika masalah tersebut tidak krusial maka hal tersebut bukan soal. Namun, jika krusial, maka hal tersebut tidak hanya akan mengganggu kenyamanan berkendara, tetapi juga mengganggu keselamatan Anda. Salah satu perawatan yang harus Anda lakukan adalah merawat injeksi mobil.

Untuk Anda pengguna mobil lama, mungkin perawatan ini tidak dilakukan berhubung dengan sistem pembakaran non-injeksi (karburator). Sementara untuk mobil baru, perawatan ini perlu dilakukan karena sistem pembakarannya sudah menggunakan injeksi. Lantas, bagaimana perawatan mobil injeksi ini dilakukan? Adakah semacam tips untuk melakukan perawatan injeksi mobil dengan baik dan benar?

Cara Merawat Injeksi pada Mobil

Melakukan perawatan injeksi pada mobil harus dilakukan dengan benar dan berkala. Hal tersebut dilakukan agar performa mobil tetap stabil dan lancar. Berikut adalah tips merawat injeksi pada mobil yang bisa Anda terapkan.

  • Perhatikan kesehatan aki. Pastikan aki yang Anda gunakan masih mampu memasok aliran listrik dengan baik. Performa injeksi mobil berkaitan dengan fungsi aki terutama dalam hal kestabilan aliran listrik.
  • Lakukan penyetelan CO. Anda perlu melakukan penyetelan CO atau Karbon Monoksida. Fungsi penyetelan tersebut adalah menguji apakah proses pembakaran berlangsung dengan baik atau tidak.
  • Bersihkan sensor, filter bensin, udara, dan throttle body. Bersihkan komponen tersebut dengan baik. Jika sudah terlanjur sangat kotor, jangan ragu untuk mengganti komponen tersebut dengan yang baru.
  • Rawat dengan baik nosel injector. Perawatan nosel injector dilakukan untuk menjaga bentuk semprotan dari bahan bakar ideal, dalam artian menjaga nosel agar tidak tersumbat dari kotoran.

Lakukan Perawatan Rutin Agar Performa Stabil dan Lancar

Perawatan injeksi mobil itu memegang peranan penting. Bukan hanya karena mobil sekarang menggunakan injeksi, tetapi juga karena hal tersebut akan menunjang kelancaran berkendara. Saat ini, tidak sedikit mobil 300 jutaan yang harus dirawat injeksinya secara rutin agar umur dan lajunya lancar. Terlebih, jika Anda memiliki atau ingin membeli mobil keluarga baik untuk aktivitas sehari-hari, maupun untuk liburan keluarga.