Pantangan Mengatasi Luka Bakar

Inilah Pantangan Mengatasi Luka Bakar yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Terkena setrika saat menggosok pakaian, terkena cipratan minyak saat memasak, tersenggol knalpot motor san masih banyak lagi lainnya bisa membuat kulit terbakar dan luka. Itu merupakan beberapa hal yang sangat umum sekali terjadi di masyarakat. Jika sudah mengalami masalah tersebut, tentunya setiap orang ingin mencari obat luka ampuh yang ada dipasaran. Tetapi ingat, ketika Anda akan membeli obat luka ada baiknya untuk memperhatikan jenis lukanya. Umumnya luka bakar sendiri terbagi atas luka yang ringan, sedang sampai dengan yang parah. Semuanya perlu perawatan yang berbeda.

Tingkat keparahan luka bakar yang Anda alami itu menentukan jenis obat seperti apa yang paling tepat. Untuk obat luka bakar parah tentu saja berbeda dengan pasien yang terkenal luka bakar tingkat ringan ataupun sedang. Karena untuk tingkatan yang ringan, paling hanyalah merusak bagian kulit terluar dan tidak terjadi didalam. Tentu hal ini harus Anda perhatikan terlebih dahulu, bisa melakukan pertolongan pertama dengan cara:

  1. Menggunakan air dingin untuk meredakan kepanasan yang terjadi pada kulit.
  2. Menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan seperti lidah buaya.
  3. Menggunakan madu yang berkhasiat untuk meredakan luka bakar ringan.

Selain menggunakan beberapa tips yang telah dikatakan diatas, Anda juga bisa menggunakan pengobatan dari medis seperti penggunaan krim, pereda sakit, antibiotik ataupun yang lainnya. Bukan saja jenis obat yang dapat Anda gunakan, tetapi perlu memperhatikan pantangan saat menangani luka bakar seperti:

  1. Penggunaan pasta gigi yang dipercaya mengatasi luka bakar ternyata salah karena dapat membuat iritasi dan infeksi.
  2. Jangan menggunakan jenis minyak apapun seperti minyak zaitun, minyak kelapa dan lainnya.
  3. Jangan percaya akan olesan putih telur, mentega ataupun margarin.

Beberapa hal diatas merupakan pantangan yang harus Anda hindari saat melakukan pertolongan pertama pada luka bakar. Apalagi jika terkena masalah seperti obat luka tidak lengket di kasa karena kurangnya pemahaman akan pertolongan pertama. Makanya, dari hal tersebut bisa Anda ambil pelajaran mengenai seperti apa cara penanganan yang tepat untuk luka bakar agar tidak terjadi masalah baik itu infeksi, iritasi ataupun yang lainnya.