Cegah Penyakit Jantung dengan Cara Ini

Penyakit jantung bisa terjadi pada siapa saja. Segera lakukan pencegahan dengan cara ini!

Kematian akibat penyakit jantung terus meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu hal yang berkontribusi besar pada terjadinya keadaan tersebut adalah gaya hidup yang tidak sehat.

Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter.com, penyakit jantung terjadi saat pembuluh darah jantung mengalami sumbatan akibat plak yang terbentuk oleh tumpukan lemak. Pada keadaan lebih lanjut, pembuluh darah akan benar-benar terimpit oleh plak sehingga terjadinya serangan jantung atau stroke tak bisa dihindari lagi.

Berita baiknya, risiko penyakit jantung bisa diturunkan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Beberapa perubahan yang perlu Anda lakukan supaya tidak mengalami penyakit jantung dan beragam komplikasi mengerikan yang bisa ditimbulkannya adalah:

  1. Hentikan kebiasaan merokok

Rokok mengandung ribuan zat berbahaya, yang beberapa di antaranya berkontribusi pada terbentuknya sumbatan di pembuluh darah. Keadaan ini merupakan awal mula terjadinya penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

  1. Terapkan pola makan sehat

Ubah pola makan Anda menjadi lebih sehat lagi. Caranya, tingkatkan konsumsi buah dan sayuran, ganti nasi putih dengan nasi merah, konsumsi ikan berlemak seperti salmon, dan hindari makanan yang banyak mengandung garam atau lemak. Selain itu, pastikan pula setiap menu yang Anda konsumsi terdiri dari makanan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus, bukan digoreng.

  1. Olahraga secara rutin dan teratur

Lakukan olahraga dengan durasi minimal 30 menit setiap hari. Sesuaikan jenis olahraga yang dipilih dengan kemampuan dan kondisi tubuh. Beberapa olahraga yang direkomendasikan adalah berenang, bersepeda, lari, atau berjalan.

  1. Jauhi alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebih dapat meningkatkan tekanan darah, yang pada akhirnya turut meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, serangan jantung dan stroke.

  1. Kelola stres dengan baik

Jauhkan diri Anda dari stres, misalnya dengan bermeditasi atau melakukan hal yang disenangi. Jangan biarkan stres terjadi berkelanjutan jika Anda tak ingin berakhir mengalami penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke.

Lengkapi upaya-upaya di atas dengan melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter. Dengan demikian, penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke bisa benar-benar dicegah.

Sumber: Klikdokter.com