6 Tradisi dan Kesenian Unik Khas Palembang. Sudah Tahu?

6 Tradisi dan Kesenian Unik Khas Palembang. Sudah Tahu?

Seperti yang diketahui, Indonesia memang terkenal dengan tradisi serta keseniannya yang unik, pun demikian dengan Palembang. Di Ibu Kota Sumatera Selatan ini, Anda bisa menjumpai beraneka upacara tradisional dan kebudayaan yang unik dan masih lestari hingga sekarang. 6 tradisi dan kesenian unik ini misalnya:

  1. Sedekah Rame

Sedekah rame merupakan adat masyarakat Sumatera Selatan. Di Palembang sendiri, sedekah rame masih dilestarikan oleh mereka yang bekerja sebagai petani atau memiliki lahan pertanian. Dari pengertiannya, sedekah rame adalah upacara adat yang dilakukan  untuk meminta perlindungan dari Tuhan yang Maha Esa agar hasil panen berjalan lancar.

Selama acara, sedekah rame dibagi atas beberapa tahap mulai dari peletakan perlengkapan upacara, membakar kemenyan, acara sambutan, penyampaian amanat, memanjatkan doa kepada Sang Pencipta, kemudian ditutup dengan acara makan bersama atas hidangan yang telah disediakan.

  1. Bekarang Iwak

Inilah tradisi masyarakat Kelurahan Pulokerto, Kecamatan Gandus, Palembang yang rutin digelar tiap tahunnya. Secara bahasa, bekarang berarti menangkap sedangkan kata iwak berarti ikan. Ya, ketika hari H tiba, masyarakat setempat akan berkumpul di Sungai Lacak untuk menangkap ikan bersama-sama.

Hasil tangkapan ikan yang diperoleh kemudian akan dipisahkan berdasarkan ukurannya. Ikan-ikan yang kecil diperbolehkan untuk dibawa pulang, sedangkan ikan berukuran besar diambil oleh pemangku adat untuk dijual. Uang hasil penjualan ikan tersebut nantinya akan digunakan untuk keperluan umum masyarakat setempat seperti membangun masjid dan jembatan.

  1. Mutuske Kato

Mutuske kato merupakan tradisi yang dilakukan sebelum calon pengantin melangsungkan pernikahan. Prosesi dimulai dari calon pengantin pria yang berkunjung ke rumah calon pengantin wanita untuk melakukan musyawarah terkait tanggal pernikahan. Dalam kunjungannya, calon pengantin pria akan membawa tenong dan seserahan lain seperti nampan, songket, sepatu, serta alat rias.

Sesuai adat Melayu kesultanan, keluarga calon pengantin akan saling berbalas pantun untuk kemudian para utusan akan mengambil konde dan dibagikan kepada tamu yang datang sebagai proses pengikatan tali  keluarga. Selanjutnya, ke dua keluarga akan saling mengunyah sirih dan tembakau.

  1. Mengarak Pacar

Sebagai penutup rangkaian acara pernikahan, orang Palembang akan menggelar adat mengarak pacar. Acara ini merupakan simbol bahwa pihak perempuan menerima dengan seluruh jiwa raga atas status barunya sebagai istri dari laki-laki yang menikahinya. Keluarga mempelai pria akan melakukan arak-arakan menuju rumah pengantin wanita. Rombongan tersebut nantinya akan disambut oleh ibu mempelai wanita serta para sesepuh yang siap menaburkan semangkok beras dan koin ke rombongan pengantin pria.

  1. Dul Muluk

Dahulu, kesenian Dul Muluk sangat populer. Kini, kebudayaan unik asal Palembang ini seolah kehilangan pamor. Dul muluk adalah teater tradisional yang juga berkembang di kawasan Sumatera Selatan lainnya. Bentuk pementasan dul muluk hampir sama dengan pementasan lenong oleh masyarakat Betawi. Seluruh pemainnya akan berakting secara spontan serta menghibur. Dialog yang dibawakan oleh para pemain dul muluk sering kali menggunakan pantun dan syair. Di dalamnya juga terdapat adegan menyanyi dan menari yang bernama Beremas.

  1. Makan Pempek Setiap Hari

Palembang memang surganya pempek. Makanan yang terbuat dari tepung tapioka dan ikan ini merupakan makanan khas Palembang dan banyak diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Bumi Sriwijaya ini. Dalam penyajiannya, pempek akan dimakan dengan cuka, semacam saus yang terbuat dari gula merah, bawang putih, air asam Jawa, dan cabai rawit halus. Bagi masyarakat Palembang sendiri, sehari tanpa makan pempek rasanya kurang afdal.

Itulah 6 tradisi dan kesenian khas Palembang yang semakin menambah daya tarik dari Kota Pempek ini. Untuk memfasilitasi wisatawan dari luar kota, ada banyak hotel di Palembang yang cukup nyaman untuk ditinggali selama bepergian. Guna memudahkan proses pencarian akomodasi, Anda bisa menggunakan Airy sekaligus untuk booking hotel yang diinginkan.