Ragam Bahan Striping Motor

Ulasan Seputar Ragam Bahan Striping Motor Beserta Kelebihan dan Kelemahannya

Ada banyak cara yang digunakan untuk mempercantik tampilan dari kendaraan, salah satu diantaranya adalah dengan memodifikasinya, modifikasi umumnya memang dilakukan pada beberapa bagian, diantaranya adalah mengganti velg, ban kemudian menambahkan aksesoris penunjang seperti sticker hingga yang paling sering dilakukan adalah dengan memasangkan striping motor. Striping atau yang dikenal sebagai sticker ini memang banyak dipakai untuk menutup bagian body atau permukaan yang asli dengan beberapa pilihan warna atau gambar tambahan.

Banyak dijual di pasaran dan bisa Anda dapatkan secara mudah. Bagi pemula sendiri mungkin agak kesulitan jika harus memasangkan sendiri striping ini, namun jangan khawatir, karena banyak jasa yang bisa digunakan untuk modifikasinya sehingga hasil dari pengerjaan bisa jadi lebih baik. Selain digunakan untuk menunjang penampilan menjadi lebih cantik, sebenarnya ada fungsi lainnya memasangkan aksesoris kendaraan tersebut, yaitu untuk mencegahnya tergores. Tanpa adanya sticker kendaraan ini goresan secara langsung pasti akan mengenai body motor, namun tidak ketika bagian permukaannya dilapisi dengan bahan lain.

Jika nantinya terjadi goresan secara otomatis akan mengenai bagian sticker tersebut. Sehingga kondisi body yang sebenarnya akan tetap mulus. Ada banyak sekali jenis striping motor yang dijual di pasaran, jika melihat dari segi pilihan bahannya sendiri maka terbagi atas beberapa jenis, diantaranya adalah:

  1. Bahan ritrama, bahan yang satu ini banyak dijual di pasaran mulai dari pedagang kaki lima hingga jasa khusus. Dilihat dari segi harganya sendiri memang paling murah dibandingkan dengan yang lainnya. namun sebanding dengan hal tersebut jika melihat dari kualitasnya memang paling buruk, artinya bahan yang satu ini paling mudah mengalami kerusakan dibandingkan dengan yang lain. Kurang tahan terhadap goresan.
  2. Bahan oracal, bahan ini satu tingkat ada di atas ritrama jika melihat dari segi harganya, warnanya tidak akan berubah maupun memantulkan cahaya ketika digunakan di tempat yang panas. Begitu juga dengan daya tahannya yang tergolong lebih baik jika dibandingkan dengan rintrama, tak heran jika harganya juga agak mahal. Selain itu karena lentur maka mudah sekali untuk dipasangkan sendiri di body kendaraan.
  3. Bahan schotchlite, bahan yang satu ini sangat banyak penggemarnya, banyak diantara masyarakat yang ingin memodifikasi body kendaraan mereka dan memutuskan untuk memakai bahan yang satu ini. Bahannya tergolong tipis namun dengan campuran sedikit glitter sehingga nampak bling-bling ketika dipakai. Tidak mudah sobek karena kertas atau bahannya khusus, namun lebih mudah dikelupas jika terlalu sering terkena air.
  4. Bahan glittre, tampilan motor akan tampak full bling-bling karena sepenuhnya bahan aksesoris ini diberi tambahan glitter. Banyak yang senang menggunakannya karena membuat body kendaraan mereka jadi tampak lebih elegan, beberapa jenis kekurangannya dapat tertutupi sempurna menggunakan bahan tersebut.
  5. Bahan D-clift, produk yang satu ini dikenal juga sebagai sticker warna dasar, artinya memang hanya satu warna full tanpa tambahan gambar atau tulisan yang lainnya. biasanya banyak digunakan untuk tujuan modifikasi perubahan warna secara keseluruhan atau sebagian, sehingga tampilan kendaraan jadi jauh lebih cantik. Harga juga terbilang murah.

Kenali jenis-jenis striping motor tersebut agar tidak salah dalam memilihnya, cari yang sesuai dengan kebutuhan. Pertimbangannya bukan hanya untuk memperindah kendaraan saja, melainkan lebih kepada fungsi perlindungan, sehingga nantinya kendaraan tidak mudah tergores atau mengalami cacat ketika terjatuh.