Tips Simpel Audit Laporan Keuangan

Tips Simpel Audit Laporan Keuangan

Audit laporan keuangan merupakan laporan yang bertujuan untuk memberikan informasi terkait keuangan yang dimiliki oleh perusahaan, serta pengeluaran. Dengan begitu, kalian akan mengetahui apa yang harus kalian lakukan.

Audit laporan keuangan terbilang sensitif, karena berfungsi untuk mengetahu keadaan keuangan perusahaan apakah masih dalam posisi aman atau tidak. Dengan begitu kalian tahu, bagaiman menjalankan perusahaan kedepannya.

Untuk itu, berikut tips simple audit laporan keuangan untuk kalian :

  • Menyiapkan Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian

Audit laporan keuangan tidak terlepas dengan dokumen – dokumen terkait keluar masuknya uang. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan jurnal penyesuaian. Sebelum menyusun jurnal penyesuaian, untuk mempermudah kalian menyusun neraca saldo terlebih dahulu.

Neraca saldo merupakan buku besar yang berisikan daftar – daftar rekening dengan saldo debit ataupun kredit. Sehingga kalian akan mengetahui pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Lalu setelah itu, kalian menyusun jurnal penyesuaian.

Jurnal penyesuain merupakan cacatan yang lebih rapih dan mendetail terkait pengeluaran dan pemasukan pada setiap periode. Dalam jurnal penyesuaian juga menyesuaikan  beberapa transaksi yang belum tercatat, sehingga dapat merubah hasil akhir perhitungan di akhir periode.

  • Membuat Laporan Keuangan

Setelah itu, kalian membuat laporan keungan terkait laporan pemasukan dan pengeluaran, apakah mendapatkan laba atau rugi? Dalam laporan keuangan ini menganalisis kembali terkait dokumen yang sudah disiapkan.

Sebelum, membuat laporan keuangan alangkah baik untuk membuat Neraca Jalur. Neraca jalur menjadi kesimpulan dari neraca saldo dan jurnal penyesuaian terkait saldo kredit ataupun debit, pemasukan atau pendapat, atau laba dan rugi. Sehingga hal ini dapat memudahkan orang lain mencerna setiap laporan yang diberikan.

Dan pastinya dapat menghindari permasalah – permasalahan audit laporan keuangan. Karena akan sangat merepotkan, apalagi kalau sudah terkait dengan perpajakan.

  • Barulah kalian melakukan tinjauan

Setelah dokumen sudah lengkap, kita akan lebih mudah untuk meninjau laporan – laporan keuangan, ditambah menyusun neraca. Hal ini akan membantu kalian untuk memahami laporan tersebut.

Apalagi kalau sudah membahas audit keuangan suatu perusahaan yang merupakan masalah yang sensitif dan krusial. Sehingga membutuhkan detail untuk setiap dokumen.

  • Membuat laporan evaluasi dan pendapatan.

Setelah kalian meninjau laporan keuangan, buatlah laporan evaluasi dan pendapat untuk memberikan kesimpulan dari audit laporan keuangan.

Dalam laporan evaluasi kalian laporkan kepada pihak yang berkepentingan terhadap keuangan. Laporan evaluasi ini berisikan hasil tinjauan kalian terhadap laporan keuangan. Apakah laporan keuangan sudah baik ataupun belum, serta pengeluaran setiap anggaran sudah tepat ataupun belum.

Dan jangan lupa untuk membuat laporan pendapatan perusahaan. Hal ini berguna untuk mengetahui saldo yang dimiliki perusahan, sehingga dapat menjadi overview bagaimana perusahaan kalian berjalan untuk kedepannya.

Agar perjalanan audit laporan keuangan lancar, kalian dapat menggunnakan jasa konsultan pajak indonesia. Dengan menggunakan jasa tersebut, audit laporn keuangan pun akan menjadi lebih simple dan senderhana. Karena konsultasi pajak indonesia membantu dalam menyusun setiap dokumen yang diperlukan, sekaligus membuat laporan keuangan dengan baik. Karena “mereka” sudah memiliki lisensi untuk mengurungi audit laporan keuangan.