Tanda Tanda Awal Kehamilan

Tanda awal kehamilan belum tentu diketahui oleh semua calon ibu bahkan ketika seorang wanita yang masih haid belum tentu dia tidak hamil, ada beberapa tanda awal kehamilan yang bisa diketahui atau dirasakan oleh seorang calon ibu. Tanda-tanda kehamilan adalah salah satu hal yang paling ditunggu oleh pasangan yang baru menjalani pernikahan, masa – masa menunggu kehadiran buah hati. Seorang profesional bidan dari Amerika mengatakan setelah terjadi pembuahan dalam rahim maka akan terjadi produksi hormon kehamilan, dan hormon – hormon inilah yang akan mempengaruhi kondisi perubahan seorang wanita yang hamil baik dari segi fisik maupun tingkat emosi. Ada beberapa tanda awal kehamilan yang bisa diketahui saat anda menanti buah hati anda

Perubahan payudara

Perubahan bentuk payudara bisa dirasakan saat memakai bra dan terasa sesak atau payudara terasa besar, selain itu pada puting juga terasa sakit atau nyeri saat dipegang hal ini disebabkan karena ada perubahan hormon dan proses persiapan produksi susu.

Tanda Awal Kehamilan

Sering merasa lelah

Perubahan hormon juga akan mempengaruhi fisik dan manurunkan tingkat stamina, mudah lelah, jika biasanya kita sanggup jalan kaki 1 km mungkin kita jalan setengahnya saja sudah merasa lelah.

Mual

Tanda awal kehamilan yang paling banyak dirasakan adalah mual pada perut, hal ini disebabkan karena perubahan dalam hormon mempengaruhi kondisi pencernaan dan menimbulkan efek pedih dalam perut.

Sering buang air kecil

Tanda awal kehamilan bisa dilihat dari tingkat intensitas buang air kecil disebabkan karena peningkatan hormon yang tiba-tiba berpengaruh juga ke produksi air seni untuk itu salah satunya alasan menggunakan test pack menggunakan air seni.

Sering merasa pusing dan sakit kepala

Secara tidak langsung perubahan hormon akan mempengaruhi tingkat tekanan darah, tingkat tekanan darah menjadi rendah atau turun dari tekanan normalnya, selain itu bisa faktor tingkat emosi juga akan berpengaruh pada pasokan darah ke seluruh tubuh, kepala menjadi pusing dan badan terasa lelah. Jika dalam kondisi tertentu anda harus mengkonsumsi obat maka disarankan untuk memilih yang mengandung acetaminophen yang lebih aman digunakan untuk ibu hamil.

Terasa sakit pada punggung

Jika sebelumnya anda tidak pernah mempunyai gejala sakit punggung dan tiba – tiba anda mengalami rasa nyeri maka ini adalah hal normal yang biasa dialami oleh ibu hamil dan ini akan berkelanjutan hingga melahirkan nanti.

Perut Kram

Tanda awal kehamilan juga bisa dirasakan saat anda sering mengalami kram atau sakit perut dan biasanya ini dirasakan hnigga trimester kedua.

Perubahan selera makan

Dalam bahasa kita yang umum sering kita dengar istilah ngidam, ya ini adalah istilah jika seorang ibu hamil menginginkan makanan tertentu dan harus dituruti dari segi medis ini disebabkan karena hormon berpengaruh pada selera dan sensifitas makanan terutama terhadap makanan – makanan yang berbau tajam seperti makanan yang banyak mengandung telur dan keju selain itu wanita hamil juga sensitif terhadap bau tajam seperti asap rokok dan alkohol. Kembali ke masalah ngidam, ada suatu kepercayaan jika seorang ibu hamil ingin makan sesuatu dan itu tidak dituruti maka akan berpengaruh ke kondisi bayi yang lahir nanti, anda boleh percaya boleh tidak namun yang terjadi pada saat kehamilan sang ibu, janin dalam rahim bisa merasakan apa yang dirasakan oleh ibunya terutama kondisi emosi ibunya saat apa yang di inginkan tidak terpenuhi.

Sembelit dan kembung

Saat terjadi perubahan hormon dan perut pada wanita hamil, biasanya dibarengi dengan rasa sembelit dan kembung

Perubahan kondisi emosional

Tanda awal kehamilan yang terkadan membuat suami bingung adalah jika istri tiba – tiba marah tanpa sebab alasan yang jelas, begitu juga kondisi sebaliknya yang tiba- tiba kelihatan senang dan juga kelihatan sedih, perubahan tingkat emosi ini dipengaruhi oleh produksi hormon.

Meningkatnya suhu tubuh

Pada saat terjadi ovulasi, maka suhu tubuh akan meningkat dan berada di atas normal dari suhu tubuh biasanya, dan kondisi ini akan bertahan selama sang ibu menjalani kehamilan. Sebagai gambaran jika suhu tubuh anda pada saat pagi hari tiba – tiba meningkat dari 35° -36°C menjadi 37° – 38° C maka dan bertahan sampai beberapa hari maka ada kemungkinan anda sedang mengalami kehamilan.

Pusing dan pingsan

Tanda awal kehamilan bisa saja terlihat dari kejadian kepala pusing dan terus pingsan, anda tidak perlu panik karena bisa juga ini adalah tanda awal kehamilan, untuk lebih amannya sebaiknya dibawa kedokter untuk dilakukan pemeriksaan.

Muncul flek darah

Munculnya flek darah biasanya terjadi pada saat buang air kecil akan muncul flek darah namun memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan darah yang keluar pada saat haid. Munculnya flek darah ini diakibatkan oleh menempelnya embrio pada dinding rahim dan biasanya di ikuti oleh kram perut.

Gejala PMS

Jika anda mengalami gejala PMS seperti setiap bulan namun anda tidak kunjung haid.

USG

Awal tanda kehamilan bisa diketahui dengan menggunakan USG karena dengan ini semua bisa terlihat jelas apa yang terjadi dalam rahim dan memiliki keakuratan yang cukup tinggi.

Di atas adalah beberapa tanda awal kehamilan semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kita semua.