Langkah Awal Mengatasi Keracunan Makanan

Lakukan Hal Ini Bila Keracunan Makanan Saat Liburan

Salah satu aktivitas paling menyenangkan saat liburan adalah mencicipi aneka makanan khas daerah setempat. Karena setiap daerah pasti memiliki makanan istimewa yang tak ada di daerah lain. Kita yang gemar berwisata kuliner pun akan dimanjakan dengan aneka makanan khas tersebut.

Sayangnya, rencana wisata kuliner tak selalu berjalan mulus. Karena risiko keracunan justru bisa mengintai kita setiap saat. Jangan panik bila mengalami gejala keracunan makanan saat berlibur. Lakukan beberapa hal ini sebagai langkah pertolongan pertama pada keracunan makanan:

Berusaha Muntah

Memuntahkan makanan penyebab keracunan adalah salah satu cara terbaik untuk menangani keracunan. Tundukkan kepala dan berusahalah mengeluarkan makanan yang sudah ditelan. Hal ini akan membuat racun pada makanan tidak menyebar ke organ-organ tubuh yang lain.

Minum Susu

Bila orang yang keracunan makanan tidak mengalami diare, maka sebaiknya kita memberikan susu hangat untuk segera diminum. Susu hangat dapat mengikat racun dari makanan dan mengeluarkannya dalam bentuk BAB. Selain itu, susu juga merangsang orang yang keracunan agar segera muntah dan mengeluarkan makanan yang sudah disantap.

Minum Larutan Oralit

Pengidap keracunan makanan yang mengalami muntah dan diare harus mengonsumsi larutan oralit. Karena oralit berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Jika tak ada larutan oralit, buatlah minuman dari segelas air hangat yang dicampur setengah sendok teh garam dan dua sendok teh gula. Komposisi larutan tersebut menyerupai cairan tubuh manusia dan bisa efektif mencegah dehidrasi.

Larutan Air Jahe

Larutan air jahe bisa dibuat dengan cara memarut jahe dan menyeduhnya dengan air panas. Selanjutnya, saringlah larutan air jahe dan tambahkan sedikit madu atau gula pasir. Jahe memiliki sifat anti bakteri alami yang dapat menangkal racun pada makanan. Kondisi pencernaan akan berangsur-angsur membaik setelah mengonsumsi larutan air jahe.

Mulai sekarang kita pasti lebih berhati-hati menjaga kesehatan selama liburan. Demi melindungi diri sendiri dari kejadian tak terduga saat liburan, kita juga wajib mengurus asuransi perjalanan. Kini banyak produk asuransi perjalanan online yang berkualitas dan terpercaya. Tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, perjalanan liburan akan lebih aman dan menyenangkan bila kita sudah memiliki asuransi perjalanan sesuai kebutuhan.