Jual Tanah Kavling

4 Tips Sukses Jual Tanah Kavling agar Cepat Laku dan Untung Besar

Tanah kavling merupakan ciri khas lahan dalam bentuk petak-petak yang biasa digunakan dalam membangun sebuah hunian di perumahan. Sudah ramai diketahui bersama. Proses jual tanah kavling berbeda dengan jual rumah. Anda harus pintar-pintar dalam menentukan harga belinya kemudian menyesuaikannya dengan harga jual yang kompetitif.

Dengan begitu, properti yang Anda tekuni ini pun bisa cepat laku dan menatangkan untung yang besar. Ada beberapa jenis tanah kavling yang selalu booming dan mengalami peningkatan peminat tiap tahunnya. Nah, bagi Anda yang sudah menekuni bisnis ini dan ingin lebih cepat laku dan untung, 5 tips berikut bisa Anda coba pertimbangkan untuk terapkan.

  1. Rajin Survei Lokasi

Seperti bisnis properti hunian, properti dalam bentuk tanah, khususnya kavling ini pun Anda perlu ‘menjemput bola’. Rajin-rajinlah mencari informasi tentang tanah kavling yang akan dijual oleh pemiliknya. Mengingat sebagian besar orang lebih suka tanah kavling yang letaknya strategis, upayakan agar jenis ini yang paling dominan untuk Anda perjualbelikan.

Tapi, tidak menutup kemungkinan juga oarng yang lebih memilih lokasi ujung jalan yang sepi. Konsumen yang membeli tanah di lokasi ini biasanya menyukai hidup tenang dan jauh dari kehidupan kota atau penyangga kota. Sedangkan konsumen yang memilih lokasi strategis biasanya ingin membangun rumah sekaligus tempat usaha.

Nah, sesuaikan persentase tanah kavling di lokasi strategis dengan lokasi yang kurang strategis. Bisa 90:10 atau fleksibel karena Anda bisa mengetahui persentase atau perbandingannya dengan tepat setelah menjalani bisnis ini. Jangan pernah malas untuk melakukan serangkaian survei ini.

  1. Buat Denah dan Pasang Iklannya

Anda mungkin pernah melihat selebaran atau spanduk yang dipasang di tepi jalan dan memuat iklan jual tanah kavling. Di sana juga akan disertakan bentuk petak atau denah tanah kavling-nya. Bisa dikatakan bahwa iklan tersebut memberikan gambaran sekilas mengani apa yang dijual. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mempercepat lakunya tanah kavling yang akan Anda jual.

Sementara agar untung besar, Anda bisa menyertakan keunggulan-keunggulan dari tanah kavling tersebut. Untuk mengantisipasi kesulitan pengendara dalam melihat iklan yang Anda pasang secara keseluruhan, sebaiknya perbesar ukuran huruf dari nama daerah, nomor telepn yang bisa dihubungi, serta laman internetnya.

Jadi, informasi selengkapnya bisa mereka peroleh dari internet. Tentu saja Anda harus sudah membuat laman ini sebelum memasnga spanduk di tepi jalan. Sertakan informasi sedetai mungkin terkait keunggulan apa saja yang akan diperoleh konsumen jika memilih atau membeli tanah kavling Anda ini. Misal, tempat strategis dan dokumen yang sudah lengkap.

  1. Bangun Kepercayaan Konsumen

Kepercayaan konsumen merupakan salah satu hal yang wajib Anda prioritaskan. Selain dari merekalah untung besara akan Anda peroleh, tips ini merupakan salah satu etika jual beli yang tidak tertulis tapi mempengaruhi bisnis jual beli tanah yang Anda tekuni. Dengan menjaga etika bisnis dan track record yang baik, konsumen akan lebih percaya pada Anda.

Kemudian, Anda juga harus bisa menjalin kerjasama dengan agen terpercaya. Peran mereka sangat penting saat Anda mengalami kesulitan dalam menemukan penjual dan pembeli properti tanah kavling. Seperti yang sudah Anda sertakan dalam keunggulan membeli tanah kavling pada Anda, yaitu dokumen yang sudah Anda urus secara lengkap.

Hindari membuat iklan yang terdengar ambigu atau membuat konsumen merasa telah ditipu. Misalnya, Anda memberitahu bahawa keunggulan tanah kavling ini adalah siap pakai dan dokumen yang sudah diurus lengkap. Tapi saat transaksi, Anda meminta tambahan biaya untuk mengurus dokumen lainnya. Nah, jangan sampai Anda melakukan hal ini.

  1. Ikuti Workshop Properti

Tips yang satu ini merupakan modal awal dalam memasuki bisnis jual tanah. Setidaknya lakukan 1-3 kali sebelum memulai bisnis properti. Khususnya properti tanah yang menjadi tujuan utama bisnis Anda. Jangan sepelekan hal-hal seperti ini. Memang pengalaman itu penting, namun pengetahuan tidak sepantasnya untuk dinomorsekiankan.

Selain mengantongi ilmu dan teknik paling efektif dalam bisnis terutama dalam bisnis properti, Anda juga berkesempatan untuk bertanya langsung pada narasumber yang berpengalaman dan telah sukses menekuni bisnis ini. Tambahan lagi, workshop biasanya bukan hanya dihadiri oleh para pebisnis, tapi juga konsumen, agen, dan investor.

Nah, di sinilah peluang Anda untuk memperbanyak channel dan jaringan dalam memasarkan properti tanah kavling agar cepat laku dan untung besar. Simpan data mereka dalam list dan jangan lupa untuk mulai membangun komunikasi yang bagus dan menjaga kepercayaan jika sudah mulai melakukan transaksi.

Nah, seperti yang disebutkan dalam paragraf pembuka, bahwa ada beberapa jenis tanah yang sedang booming. Jadi, Anda bisa jual tanah kavling jenis cul de sac lot, interior lot, atau-intersection lot. Jika lokasinya memang strategis, konsumen bisa menggunakannya untuk membangun rumah atau tempat usaha.